Cara mendownload torrent file

saya akan mencoba menjelaskan dan memberitahu apa itu torrent dan bagaimana cara menggunakannya. selamat membaca.

Apa itu torrent??

Torrent itu sebuah file yang system downloadnya peer to peer, jadi gak ada server khusus untuk tiap file download-an. Karena setiap yang mendownload pasti akan jadi server. jadi kita sekaligus upload pas lagi download.

Berikut ada istilah-istilah yang kamu harus tau kalo mau menggunakan torrent ini, kalau kata saya ini penting, soalnya kalo gak ngerti kita tar bingung deh pas download prosesnya(pengalaman pribadi hehe :D).

Seeder

Seeder adalah orang yang udah mendownload 100% maupun hampir 100%, nah seeder inilah yang membagi filenya ke para leecher(pendownload). Makin banyak seeder disuatu file makin cepet downloadnya (tergantung bandwidth internet kamu jg sih).  Kalo seedernya 0 disebut file mati alias gak akan selesai-selesai downloadnya.

Leecher

Ada 2 pengertian : orang yang sedang mendownload file sedikitpun. Atau orang yang mau download tapi gak mau upload.

Peer

Peer orang – orang yang masih belum full mendownload fienya. Atau juga orang- orang yang sedang mendownload filenya sekaligus sharing file yang udah dia download.

Ratio

Ratio adalah perbandingan antara berapa banyak anda mendownload dan berbagi dengan pihak lain (upload). Ratio yang normal biasanya adalah 1, artinya untuk tiap byte yang anda download, anda juga sudah mengupload satu byte (berbagi dengan pihak lain sebanyak satu byte)

A-hit-and-runner

Adalah seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun tidak meng-seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0. Tentu saja ini adalah sebuah perilaku yang tidak menyenangkan. ‘A-hit-and-runner’ ini sering juga disebut atau sama saja dengan Leechers, yang dikategorikan seperti sebuah parasit. Walaupun istilah yang digunakan sama dengan seseorang yang baru saja akan men-download sebuah file, tapi untuk istilah ini, lebih berkonotasi negatif, dan merupakan perilaku yang buruk.

Swarm
Secara sederhana bisa disebut sebagai “ekosistem”, keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.

Gimana Cara download torrent ??

Kita butuh software untuk mendownload suatu file.torrent

Ada banyak sih softwarenya kaya azureus,bitTorrent,utorrent,nah disini saya pakenya uTorrent, download dulu softwarenya disini :

http://www.utorrent.com/

install di computer kamu (klik 2x,trus next-next-next aja hehehe)

trus, cari file.torrent-nya. Nih biasanya aku cari disini, web ini cukup lengkap file-filenya dan update :

http://isohunt.com/

trus kamu search file yang mau kamu cari di search engine yang ada di web itu.

Kalo udah klik filenya lalu download deh. Contohnya aku mau download harry potter 7. Ini link hasil dari search and klik di web isohunt :

http://isohunt.com/torrent_details/255356865/harry+potter?tab=summary

aku download tar download-an nya berupa file.torent. klik 2 kali,tar dia minta persetujuan untuk mendownload file tersebut, trus atur tempat savenya dan klik oke kalo udah siap mendownload.dan proses downloadpun dimulai.

Tips – tips

1.       Carilah file yang seedernya banyak,jadi proses download bisa cepat.

2.       Jadilah seeder yang baik, simpan beberapa saat file yang kamu dah download folder  yang sama (jangan dipindah2in dulu ke folder lain). Biar yang lain bisa mengambil file yg kamu punya. Jangan jadi leecher yg hit-and-run (udah beres download,kabur)

3.       Kamu bisa atur perbandingan download dan upload kamu di menu optionà preference, kalo lagi mau cepet downloadnya atur aja uploadnya 5 kbps ato segimana. Tapi kalo dah beres download balikin lagi ke 0 (unlimited) – jadi seeder yang baik

4.       Kamu juga bisa atur auto shutdown di menu option juga.

SELAMAT MENDOWNLOAD! ^_^

5 pemikiran pada “Cara mendownload torrent file

  1. untuk jadi seeder… gak mesti dengan file yng telah kita download kan…..?
    ulas juga dong cara upload biar bisa sharing ma temen temen yg laen….
    okeh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s