Memulai Hari Baru

Baiklah, belakangan ini saya sedang membaca salah satu buku John C Maxwell.  Menurut saya, ini adalah buku yang sangat mengaggumkan dan sangat bagus sebagai motivator. Cerita sedikit, dari mana saya mendapatkan buku itu… Sebenarnya saya mendapatkan buku itu dari kampus alumni saya Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), membanggakan sedikit ttg kampus saya, menurut saya kampus ini adalah kampus yang luar biasa memperhatikan mahasiswanya, bukan saja dari segi edukasi namun dari segi character building, bahkan segi Rohani! Ngomong – ngomong perhatian, sehabis saya lulus, saya diberikan sebuah paket buku, salah satunya itu adalah buku om John ini😀

Ulas sedikit, tetang pengaruh buku ini terhadap kehidupan saya. Saya seorang freshgraduate yang baru saja terjun dalam dunia kerja. Mungkin bagi sebagian orang itu bukanlah hal yang sulit (begitupun saya pada awalnya merasa seperti itu) tapi setelah masuk secara nyata, banyak hal baru ditemui yang mau tidak mau harus dibiasakan (adaptasi). Dari hal social, skill dan lingkungan kerja, tapi menurut saya sebenarnya yang paling harus dibiasakan adalah bagaimana menempatkan diri kita sendiri dalam situasi tersebut. Dimana saya simpulkan bahwa kuncinya adalah “SIKAP” kita. Dalam buku ini banyak dijelaskan mengenai uraian tentang sikap. Dengan membaca buku ini saya dapat diingatkan kembali bagaimana bersikap dengan baik.

Sebenarnya, cukup banyak yang dibahas dalam buku ini, namun disini saya hanya mengulas inti dari beberapa bab yang saya baca saja (Kalau mau lengkap, baca saja bukunya. Dijamin tidak rugi!). Ulasan itu adalah mengenai, bagaimana anda memulai hari anda. Berikut dari beberapa yang saya tangkap dan sedang saya lakukan :

Image

1.  Kekuatan Pikiran Positive.

Bagaimana kekuatan pikiran dapat mempengaruhi kehidupan anda sehari – hari. Salah satu frase klasik adalah “Positive Thinking”, yup ini adalah frase ajaib dalam buku itu. Dalam buku itu, mengarahkan kita untuk menjadi Positive Thinking. Positive Thinking mengarah kepada sesuatu yang positive

Nobody can’t motivate himself in a positive direction by continually using negative words.” – Jhon C Maxwell

Selalu berfikir positive terhadap diri sendiri, kenapa? Pikiran akan membentuk bagaimana cara anda melakukan sesuatu, dalam artian pikiran akan membentuk kebiasaan kita. Ketika kita berfikir positive akan sesuatu hal, maka secara tidak langsung aksi kita terhadap sesuatu akan baik juga. Begitupun jika kita berfikir sudah negative duluan, kebiasaan buruk akan muncul, dan lama – lama diri kita akan menjadi apa yang kita pikirkan yaitu Negative!

“As negative thoughts produce negative actions, so positive thoughts produce positive actions.”  –John C. Maxwell

2. Become employee you wanted hire (Jadilah pegawai seperti yang anda ingin pekerjakan)

Ketika kita sedang bekerja, bekerjalah seperti sesorang pegawai yang anda idamkan untuk anda hire. Ilustrasinya, jika kita didalam posisi sebagai pemimpin yang memiliki banyak pegawai, yang kita inginkan adalah pegawai yang baik (definisikan arti baik masing2). Maka milikilah sikap baik itu terlebih dahulu ketika kita sedang bekerja sebagai pegawai. So, lakukan yang terbaik setiap pekerjaan kita, satu hal yang saya ingat “jangan menganggap bahwa pekerjaan itu tidak menyenangkan karena untuk orang lain, tapi pikirkanlah bahwa sebenarnya kita bekerja untuk diri kita sendiri yang berarti saat kita bekerja kia akan mendapatkan sesuatu yang baru, ilmu baru dan pengalaman baru!”

“What is the main event today? What do you want me to focus on today?”John C Maxwell

Jadi, ketika anda telah dapat menjawab kutipan diatas, jangan lupa bertanya.. pengalaman or ilmu apa yang anda dapatkan hari ini!

3. Mulai hari dengan ceria

Ketika anda bangun dipagi hari, coba mulai lah dengan sesuatu yang menyenangkan.. tentunya sesuatu menyenangkan berawal dari pikiran. Bayangkan saja, jika dipagi hari yang anda pikirkan sudah ruwet dan negative, bagaimana mau menikmati hari. Konon katanya, jika seseorang merasa hepi dari awal bangun hingga jam 10, maka hari  yang dijalankan akan lebih hepi. So, ketika anda bangun coba pikirkan, hal baru apa yang anda akan dapatkan hari ini.. sekalipun anda sedang akan menghadapi sesuatu yang sulit, coba cari berbagai hal positive dari dalam hal itu. Mungkin dapat dimulai dengan pertanyaan – pertanyaan “Mungkin, kalau tidak seperti ini. Hasilnya akan menjadi lebih buruk” or “Mungkin hal ini ada untuk membuka kesempatan yang lain”.

4. Mau mencoba untuk beradaptasi

Ada sebuah ilustrasi dalam buku itu, tentang seorang wanita yang tinggal disebuah padang gurun panas dikala perang, menemani suaminya. Wanita tersebut tidak memiliki teman yang dapat diajak bicara, tetangganya hanyalah suku pedalaman disekitar gurun tersebut, gurun tersebut merupakan gurun yang gersang. Wanita tersebut awalnya dapat bertahan hidup sendiri (Ansos), namun lama  kelamaan wanita tersebut menjadi jenuh, hingga akhirnya wanita tersebut mendapatkan kata – kata yang menyadarkan dirinya dari surat ibunya. Mulai saat itu, wanita tersebut mencoba untuk memulai pertemanan dengan suku setempat. Awalnya memang sulit, begitupun suku setempat yang sulit menerima wanita tersebut, namun karena kemauan adaptasid an belajar dari wanita tersebut akhirnya mereka dapat menjalin pertemanan, semuanya mulai berubah. Pemikiran wanita itu yang awalnya merasa sangat bosan menjadi berubah dan mulai merasakan nikmatnya mempelajari budaya baru dari linkungannya, yang sebelumnya menganggap bahawa gurun tempat tinggalnya adalah gurun yang gersang dan tidak ada apa – apa menjadi tertakjubkan oleh pemandangan – pemandangan alam yang ia temukan dari hasil eksplorasi.

Suatu ilustrasi yang indah bukan. Adaptasi itu mungkin sulit dimulai, tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. So, cobalah beradaptasi mengerti lingkungan sekitarmu dan rasakan indahnya beradaptasi. ^_^

Sekian dulu rivew saya tentang buku ajaib dari John C Maxwell. ^^

Tinggalkan Balasan

