Arti Sebuah Lagu

Muncul sebuah pertanyaan, sebenarnya apa arti sebuah lagu?

Bukan arti secara harafiah yang terdapat dalam lirik dari lagu tersebut, tapi arti secara khusus bagi hidup.

Bagi saya, arti sebuah lagu itu diibaratkan seperti “checkpoint”, maksudnya hanya dengan mendengar sepenggal dari sebuah lagu bisa membawa pikiran saya ke masa lalu, ke kenangan masa lalu.

Seperti lagu Adele – Set On Fire.. jika saya mendengarkan lagu itu.. maka pikiran saya akan melayang dan tertarik kembali pada memori saya melakukan kerja praktrik di tahun 2012. Karena dulu hampir setiap hari saya dengerin lagu itu.

Atau lagu The Passenger yang berjudul Let Her Go, Cukup dengan mendengar intro musiknya saja sudah membuat saya teringat sebuah kejadian.. dimana untuk pertama kali saya meneteskan air mata di sebuah restoran umum dan seorang diri. Karena waktu itu, restoran tersebut memutarkan lagu itu disaat yang berbarengan saya menerima pesan kalau kalau saya telah kehilangan orang yang sangat saya cintai. *Curcol masa lalu*

Lagu juga bisa menjadi representasi keadaan perasaan. Ada kalanya saya hanya ingin mendengar lagu dengan nada slow atau melow. Ada kalanya, saya tidak mau mendengar lagu yang bernada melow karena takut akan merusak mood yang sedang bagus.

Saya lagi senang dengan lagu Monty – Tiwa yang berjudul “Kosong”.. Liriknya seperti berbicara kepada saya.. ada sepenggal lirik pembuka yang saya sukai “Pernahkah kau merasa tidak pernah merasa sunyi..?”

Selain lagu Monty Tiwa yang itu, saya juga suka lagunya yang berjudul “Mencintaimu”.. Kembali lagi lirik lagu itu seperti berbicara kepada saya.. “Aku Mencintaimu Seperti Pecandu yang Cinta Sabu..”

Terus.. satu hal lagi yang ajaib.. Lagu bisa menebak apakah anda sendang jatuh cinta atau tidak.. Contohnya penggalan lagu tadi.. “Aku Mencintaimu Seperti Pecandu yang Cinta Sabu..” Jika sekiranya saat kita meresapi lagu itu dalam pikiran kita terbayang seseorang, mungkin bisa jadi bahwa itu adalah indikasi bahwa anda menyayangi orang itu atau setidaknya merindukan orang yang pernah anda sayangi.

Kalau dipikir – pikir ajaib juga..🙂

Tinggalkan Balasan

